KELOMPOK 1 DASAR - DASAR MULTIMEDIA
- DEFINISI
·
Multimedia
merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, di mana
informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam
computer untuk di simpan, diproses dan disajikan baik secara liner mahupun
interaktif.
- JENIS - JENIS MULTI MEDIA
- Multimedia Interaktif Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality, dll.
- Multimedia Hiperaktif Contoh: world wide web, web site, mobile banking, Game on
line, dll.
- Multimedia Linier Contoh: Movie/film, e-book, musik, siaran TV
- Multimedia Presentasi Pembelajaran Contohnya Microsoft Power Point.
- Multimedia Pembelajaran Mandiri Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
- Multimedia Kits yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM, SLIDE, KASET AUDIO, GAMBAR DIAM, STUDY CETAK, TRANSPARASI OVERHEAD.
- Hypermedia contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
- Media Interaktif
- Virtual Realitas
- Multimedia
- APLIKASI MULTIMEDIA
- Media Player
• Winamp • WinDVD • PowerDVD • Musicmatch Jukebox
• DivX Player • Real Player • XMMS • Xine
- Audio/Video Edtor
• Adobe Premiere Pro • Adobe Premiere Elements
• Windows Movie Maker • Pinnacle Studio • TMPGEnc
- Graphis/Image Viewer
• ACDSee • XNView • Irfan View
• Microsoft Picture Manager • Microsoft Picture and Fax Viewer
- Graphic/Image Editor
• Adobe Photoshop • Corel Draw • Microsoft Paint
• Paint Shop Pro • GIMP
- Animasi
• Macromedia Flash • Houdini Animation Software
- Graphic 3D
• 3D Studio Max • Silo 3D Modelling • Maya
- VLC Media Player
- Songbird
- Foobar2000
- KMPlayer
- Media Player Classic
- GOM Player
- WinAmp
- BIDANG - BIDANG
APLIKASI MULTIMEDIA
-
Aplikasi
dalam Bidang Produksi
-
Aplikasi
dalam Bidang Pelayanan Keuangan
-
Aplikasi
dalam Bidang Sistem Informasi
-
Aplikasi
dalam Bidang Pemasaran
-
Aplikasi
Multimedia di Bidang Travel
-
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Real Estate
-
Aplikasi
dalam Bidang Kesehatan
-
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Hiburan
-
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Publishing
-
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Pendidikan
-
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Pemerintahan
Aplikasi
dalam Bidang Produksi
Aplikasi
dalam Bidang Pelayanan Keuangan
Aplikasi
dalam Bidang Sistem Informasi
Aplikasi
dalam Bidang Pemasaran
Aplikasi
Multimedia di Bidang Travel
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Real Estate
Aplikasi
dalam Bidang Kesehatan
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Hiburan
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Publishing
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Pemerintahan
KELOMPOK 2 PRODUKSI KONTEN MULTIMEDIA
- JENIS – JENIS KONTEN MULTIMEDIA
1. TEKS
Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan.
2. GRAFIK
Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik.
Apabila gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi.
3. AUDIO
Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.
4. VIDEO
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak.
Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital.
5. ANIMASI
Animasi adalah “illusion of motion” yang dibuat
dari image statis yang ditampilkan secara berurutan.
6. INTERAKTIVITAS
Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia.
Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk media atau jalur di dalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna.
- JENIS – JENIS SUMBER DAYA PRODUKSI KONTEN MULTIMEDIA
1. HARDWARE MULTIMEDIA
ØSCANNER ØCD-ROM
ØVGA CARD ØSOUND CARD
2. SOFTWARE MULTIMEDIA
Software multimedia adalah komponen‐komponen dalam data processing system, berupa program‐program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia.
ØBahasa pemrograman multimedia
ØPerangkat lunak system
ØPerangkat lunak aplikasi multimedia
ØPerangkat lunak pengolah teks
ØPerangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
ØPerangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
ØPerangkat Lunak Authoring Multimedia
ØPerangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
3. SUMBER DAYA MANUSIA MULTIMEDIA
ØProgrammer Multimedia ØMultimedia Interaktif
KELOMPOK 4 REPRESENTASI DAN KOMPRESI DATA TEKS
- KOMPRESI DATA
- Mengkompres
- Menyingkat
- Memperkecil kebutuhan pentimpan data
- JENIS KOMPRESI DATA BERDASARKAN MODE PENERIMAAN DATA OLEH MANUSIA
- Dialoque Mode
- Retrieval Mode
- KOMPRESI DATA BERDASARKAN OUTPUT
- Lossy Compression
- Losless Compression
- KLASIFIKASI TEKNIK KOMPRESI
- Entropy Encoding (Lossless)
- Source Coding (Lossy)
- Hybrid Coding (Lossless & Lossy)
- CONTOH TEKNIK KOMPRESI DATA TEKS
- Run Length Encoding (RLE)
- Static Human Coding
- Shanonn Fano Algorithm
- Adaptive Huffman Coding
- Dictionary Based coding
- APLIKASI KOMPRESI
- Zip File
- Rare File
KELOMPOK 5 REPRESENTASI DAN KOMPRESI DATA SUARA
- SUARA
- getaran benda
- Suara/bunyi merambat melalui udara, tidak bisa merambat melalui ruang hampa.
- KONSEP DASAR
- Suara dihasilkan oleh getaran suatu benda. Selama bergetar, perbedaan tekanan terjadi di udara sekitarnya. Pola osilasi yang terjadi dinamakan sebagai “GELOMBANG”.
- Gelombang mempunyai pola sama yang berulang pada interval tertentu, yang disebut sebagai “PERIODE”.
Contoh suara nonperiodik : batuk, percikan ombak, dll
- REPRESENTASI DATA
Representasi data dan data compression berfungsi untuk mengurangi jumlah
ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan sejumlah data.
Dulu hanya bisa menyimpan data yang berukuran kecil sekarang bisa
menyimpan data yang berukuran besar.
- REPRESENTASI SUARA
- ANALOG TO DIGITAL CONVERSION (ADC) : proses mengubah amplitudo gelombang bunyi ke dalam waktu interval tertentu (disebut juga sampling), sehingga menghasilkan representasi digital dari suara.
- DIGITAL TO ANALOG CONVERTER (DAC) : proses mengubah digital audio menjadi sinyal analog. DAC biasanya hanya menerima sinyal digital Pulse Code Modulation (PCM).
- PCM adalah representasi digital dari sinyal analog, dimana gelombang disample secara beraturan berdasarkan interval waktu tertentu,
- KOMPRESI AUDIO
Kompresi audio/video adalah salah satu bentuk kompresi data
yang bertujuan untuk mengecilkan ukuran file audio/video dengan metode:
1. Lossy format : Vorbis, MP3
2. Loseless format : FLAC; pengguna : audio engineer,
audiophiles
- METODE KOMPRESI AUDIO
- Metode Transformasi Menggunakan algoritma
seperti MDCT (Modified Discreate Cosine Transform)
- Metode Waktu Menggunakan LPC (Linier
Predictive Coding)
- JENIS AUDIO DIGITAL
1.
Uncompressed audio
format.
Contoh
: WAV dan
AIFF
2.
Lossless compression
format.
Contoh
: FLAC
3.
Lossly
compression
format.
Contoh
: MP3, WMA, AAC
- CONTOH FORMAT AUDIO
•Format
CD
Ekstensi : .cda
•Format
Advanced Audio Coding (AAC)
Ekstensi : .m4a, .m4b, .m4p, .m4v, .m4r, .3gp,
.mp4, .aac
•Format
Waveform
Audio (WAV)
Ekstensi : .wav atau .wv
•Format
Audio Interchange File Format (AIFF)
Ekstensi : .aiff, .aif, .aifc
•Format
Monkey’s Audio
Ekstensi : .ape, .apl
•Format
MPEG Audio Layer 3 (MP3)
Ekstensi : .mp3
•Format
MIDI
Ekstensi : .mid- SOFTWARE AUDIO CONVERTER
- Free Studio
- Switch Sound File Converter
- YouConvertIt
- Zamzar
KELOMPOK 6 REPRESENTASI DAN KOMPRESI DATA CITRA STATIS
- KOMPRESI DATA CITRA STATIS
kompresi citra adalah aplikasi kompresi data yang dilakukan terhadap citra digital dengan tujuan untuk mengurangi redundansi dari data-data yang terdapat dalam citra sehingga dapat disimpan atau ditransmisikan secara efisien.
- JENIS-JENIS FORMAT CITRA STATIS
- JPEG
- GIF
- PNG
- BMP
- MACAM2 KOMPRESI CITRA STATIS
1. Kompresi lossless
adalah kompresi yang tidak menghilangkan informasi setelah kompresi terjadi,akibatnya kualitas citra hasil kompresi tidak menurun.
beberapa ciri dari kompresi lossless :
teknik kompresi citra dimana tidak ada satupun informasi citra yang dihilangkan
biasa digunakan pada citra medis.
metode loseless : run length encoding, entropy encoding (huffman, aritmatik),dan adaptive dictionary based (lzw).
2. Kompresi lossy
adalah kompresi dimana terdapat datayang hilang selama proses kompresi,akibatnya kualitas data yang dihasilkan jauh lebih rendah daripada kualitas data asli .
beberapa ciri dari kompresi lossy :
ukuran file citra menjadi lebih kecil dengan menghilangkan beberapa informasidalam citra asli.
teknik ini mengubah detail dan warna pada file citra menjadi lebih sederhanatanpa terlihat perbedaan yang mencolok dalam pandangan manusia, sehinggaukurannya menjadi lebih kecil.
biasanya digunakan pada citra foto atau image lain yang tidak terlalu memerlukandetail citra, dimana kehilangan bit rate foto tidak berpengaruh pada citra.
adalah kompresi dimana terdapat datayang hilang selama proses kompresi,akibatnya kualitas data yang dihasilkan jauh lebih rendah daripada kualitas data asli .
beberapa ciri dari kompresi lossy :
ukuran file citra menjadi lebih kecil dengan menghilangkan beberapa informasidalam citra asli.
teknik ini mengubah detail dan warna pada file citra menjadi lebih sederhanatanpa terlihat perbedaan yang mencolok dalam pandangan manusia, sehinggaukurannya menjadi lebih kecil.
biasanya digunakan pada citra foto atau image lain yang tidak terlalu memerlukandetail citra, dimana kehilangan bit rate foto tidak berpengaruh pada citra.
- BEBERAPA TEKNIK LOSSLESS
- Color reduction
- Chroma SUBSAMPLING
- HAL-HAL PENTING DALAM KOMPRESI CITRA
1.Quality progressive: dimana image dikompres secara perlahan-lahan dengan penurunankualitasnya2.Resolution progressive: dimana image dikompresi dengan mengenkode resolusi imageyang lebih rendah terlebih dahulu baru kemudian ke resolusi yang lebih tinggi.3. Component progressive: dimana image dikompresi berdasarkan komponennya,pertama mengenkode komponen gray baru kemudian komponen warnanya.
- KOMPRESI GIF
kompresi gif menggunakan teknik lzw (lempel ziv welch): gambar gif yang berpola horizontal dan memiliki perubahan warna yang sedikit, serta tidak bernoise akan menghasilkan hasil kompresan yang baik. lzw kurang baik digunakan dalam bilevel (hitam-putih) dan true color.
- Teknik kompresi PNG
MENGGUNAKAN TEKNIK LOSELESS DAN MENDUKUNG:
MENGGUNAKAN TEKNIK LOSELESS DAN MENDUKUNG:
•KEDALAMAN WARNA 48 BIT
•TINGKAT KETELITIAN SAMPLING: 1,2,4,8, DAN 16 BIT
•MEMILIKI ALPHA CHANNEL UNTUK MENGKONTROL TRANSPARENCY
•TEKNIK PENCOCOKAN WARNA YANG LEBIH CANGGIH DAN AKURAT
KELOMPOK 7 REPRESENTASI DAN KOMPRESI DATA CITRA BERGERAK
- Kompresi Video
Video memiliki 3 dimensi:
• 2 dimensi spatial (horisontal dan vertikal),
•1 dimensi waktu.
Di dalam video terdapat 2 hal yang dapat dikompresi yaitu frame (still image) dan audionya.
Data video memiliki:
•redundancy spatial (warna dalam still image)
•redundancy temporal (perubahan antar frame)
•1 dimensi waktu.
Di dalam video terdapat 2 hal yang dapat dikompresi yaitu frame (still image) dan audionya.
Data video memiliki:
•redundancy spatial (warna dalam still image)
•redundancy temporal (perubahan antar frame)
- Tujuan dari pemampatan / kompresi video
–Minimisasi bit rate dalam penyajian digital sinyal video
–Memelihara tingkat kualitas sinyal yang dikehendaki
–Meminimalkan kompleksitas codec (coder dan decoder-penyandi dan pengurai)
–Kandungan delay atau penundaan.
- Macam-Macam Format Video
–ASF ( Advanced
Streaming Format / Advanced System Format )
–AVI ( Audio
Video Interleaved )
–MJPEG ( Motion
JPEG)
–MPEG
–OGM ( Ogg
Media File )
–Quicktime
–WMV ( Windows
Media Video )
–3GP (3GPP
format file)
–Flash Video
–G2 (3GPP2
format file)
–H264
–DVDRip
– CAM
–Bluray/HD
–mHD
–Workprint
–VCD
- Software Kompresi Video
–Squeeze 5 Pro
–3D-DCT
–Total Video
Converter
–Blaze Media
Pro
–Ashampoo Movie
Shrink and Burn 3
–Video Convert
Master
–Freemake Video
Converter
–Blackberry
Video Converter 1.13
KELOMPOK 8 REPRESENTASI DAN KOMPRESI DATA CITRA BERGERAK(LANJUTAN)
- ANIMASI
Animasi
merupakan grafika yang dimana menampilkan gerakan secara berurutan dengan cepat
sehingga objek tersebut terlihat hidup. Dengan perencanaan yang benar dan
matang maka alur pergerakan animasi akan menarik untuk di tonton.
- Software
yang digunakan untuk membuat animasi
2 Dimensi 3 Dimensi
Adobe Flash AnimPixels
Macromedia Director Easy GIF Animator5 pro
ToonBoom Studio Ulead
GIF Animator 5
Adobe ImageReady 3D
Studio Max
Corel RaVe Adobe
After Effect
Swish Max CoffeeCup GIF Animator
- Format
animasi berdasarkan software yang digunakan
- 2 dimensi : .fla & .swf
- 3 dimensi : .max & c3d
KELOMPOK 9 JARINGAN MULTIMEDIA
- JARINGAN MULTIMEDIA
penggunaan komputer yang saling terhubung untuk mengkombinasikan atau menampilkan teks,
grafik, audio,video dan animasi dengan menggunakan link dan tools yang memungkinkan pengguna
untuk melakukan navigasi, interaksi dan komunikasi
- Ruang Lingkup Multimedia
Teks
Grafik
Digital Audio (AU)
Digital Video
Animasi
- STREAMING MULTIMEDIA
Streaming
multimedia adalah
multimedia yang terus
menerus
secara
konstant
diterima
den di
tampilkan
kepada
end user selagi
diantarkan
oleh
penyedia
layanan
- VOICE INTERNET PROTOCOL
VoIP adalah
teknologi
yang memungkinkan
komunikasi
suara
menggunkana
jaringan
berbasis
IP.
Jaringan
yang digunakan
bisa
berupa
internet atau
intranet
- Session
Internet Protocol (SIP)
SIP merupakan
sebuah
protocol standart
multimedia dimana
merupakan
produk
dari
Internet Engineering Task Force (IETF) dan
telah
digunakan
menjadi
suatu
standart
penggunaan
VoIP
- Real Time
Transport Protocol
Real
Time Transport Protocol (RTP) didefinisikan
sebagai
standarisasi
paket
untukmengirimkan
audio dan
video pada
jaringan
IP. RTP digunakan
untuk
komunikasi
dan
sistem
entertain yang
termasuk
didalamnya
streaming media telefon,
aplikasi teleconference dan
web yang memiliki
fitur
berbasis
push to talk
KELOMPOK 11 DISTRIBUSI MULTIMEDIA
- MEDIA SERVER
•Media Server adalah sebuah peranti yang menyimpan dan membagikan media (audio,
video).
•Media Server bertugas sebagai media yang mengolah aset digital
(DAM)yang menggunakan NAS sebagai media penyimpanan dan web server sebagai interface
yang digunakan untuk bertinteraksi dengan user.
- MULTIMEDIA STREAMING
•Multimedia
Streaming Server adalah sebuah web server atau aplikasi yang terinstal di dalam
sebuah server yang digunakan untuk menjalankan file video atau audio secara
real-time atau streaming di internet.
- BROADCASTING
•Suatu penyiaran multimedia baik berupa video maupun suara yang disiarkan kepada penonton melalui media elektronik, atau menggunakan spektrum elektromagnetik (gelombang radio) di berbagai model.
•Setiap frekuensi hanya bisa dimiliki oleh satu staisun baik tv maupun radio.
- INTERNET RADIO
•Internet Radio
adalah audio digital
yang ditransmisikan melalui internet.
- VIDEO ON DEMAND
•Video on
Demand (VoD) sistem televisi interaktif yang memfasilitasi untuk memilih sendiri program televisi atau video yang ingin ditonton. End-user dapat mengontrol permintaan sementara dari konten video yang ditonton (dapat melakukan pause, fastforward, rewind, dll)
KELOMPOK 13 REALITA TERTAMBAH(AUGMENTED REALITY)
- Augmented Reality
(AR)
Augmented
reality adalah sebuah konsep yang
memadukan dunia maya(virtual)
dan dunia nyata dengan cara
menanamkan sebuah
object di dalam
proses pembuatannya.
Dalam proses
pemunculan suatu
object maya terdapat komponen terpenting dari
augmented reality yaitu
marker.
- jenis pemakaian
marker dalam
augmented reality
ØMemakai Marker
(Marker Based Tracking),
yaitu terdapat proses pemakaian marker
didalamnya untuk memunculkan objek
2D atau 3D.
ØTanpa Marker
(Markerless),
yaitu tidak terdapat pemakaian marker
didalamnya tetapi
menggunakan teknik
yang mempunyai ruang lingkup lebih luas daripada metode
Marker
Based Tracking.
CONTOH MARKERLESS
- Face Tracking
- 3D Object Tracking
- Motion Tracking
- KONSEP AUGMENTED REALITY
- sensory augmented
- display
- konsep video see-through technology(VST)
- Pengertian vr
dan aR
Virtual
Reality
(VR) adalah simulasi buatan komputer
atau refleksi dari suatu situasi atau lingkungan sekitar secara nyata.
Augmented
Reality (AR) adalah sebuah konsep yang memadukan dunia maya (virtual) dan dunia nyata dengan cara menanamkan sebuah object di dalam proses pembuatannya.
- Perbedaan
AR dan VR
Virtual Reality menggantikan kenyataan dengan dunia semu secara keseluruhan, sedangkan
Augmented Reality menambahkan atau melengkapi kenyataan dengan benda-benda semu.
- KOMPONEN AUGMENTED REALITY
- Input device
- Output device
- Tracker
- Processor
- PERANGKAT AUGMENTED REALITY
1. HARDWARE : head mounted display & kamera hp/webcam/tablet
2. SOFTWARE : ARToolkit, Argon, Project Tango, DroidAR
- PERANGKAT AUGMENTED REALITY
KELOMPOK 14 KEBUDAYAAN DIGITAL(DIGITAL CULTURE)
Teknologi informasi yang tadinya dikenal dengan teknologi komputer, beserta perangkat elektronika lainnya, menjelma menjadi satu dalam perpaduan kemampuan. Semula dengan ditemukannya berbagai perangkat sederhana, mulai dari telepon, yang berbasis analog, maju dan berkembang terus hingga muncul berbagai perangkat elektronika lainnya. Hingga akhirnya teknologi ini terintegrasi satu dengan lainnya. Di sisi lain, akibat perkembangan dari kemampuan teknologi, terjadi juga perubahan yang cukup dramatis di sisi perjalanan dan operasi bisnis, yang menghasilkan pelayanan-pelayanan baru, termasuk dalam hal pemanfaatan jaringan dunia tanpa batas.
- REVOLUSI BUDAYA
Revolusi industri baru terjadi kurang dari 300 tahun lalu-ketika James Watt menemukan mesin uap yang diikuti oleh berbagai penemuan lain di Eropah. Hal itu telah membuat ketergantungan manusia kepada alam semakin berkurang. Bahkan telah mengubah peradaban manusia dari kehidupan barbar, menjadi semakin barbar, untuk kemudian kembali menjadi manusia beradab.
Pekembangan dunia digital sudah mancapai semua aspek dari segi bisnis, ekonomi, hiburan, transportasi, dll. Karena dengan digital dapat lebih efisien dan lebih akurat dalam proses pengerjaannya dibandingkan dengan kinerja manusia yang memiliki rasa lelah. Hal ini lah yang sudah dipakai di seluruh Negara didunia baik Negara maju maupun Negara berkembang, di dunia ekonomi seluruh pembisnis sudah dapat melakukan transaksi online diman transaksi tersebut dimana transaksi tersebut lebih bermanfaat karena kita dapat melakukan dimana saja dan dalam keadaan apa saja. Kita dapat menggunakan laptop, telepom genggam atau apa saja yang terkoneksi dengan internet unutk melakukan transaksi online.
- REVOLUSI BUDAYA
Revolusi industri baru terjadi kurang dari 300 tahun lalu-ketika James Watt menemukan mesin uap yang diikuti oleh berbagai penemuan lain di Eropah. Hal itu telah membuat ketergantungan manusia kepada alam semakin berkurang. Bahkan telah mengubah peradaban manusia dari kehidupan barbar, menjadi semakin barbar, untuk kemudian kembali menjadi manusia beradab.
Pekembangan dunia digital sudah mancapai semua aspek dari segi bisnis, ekonomi, hiburan, transportasi, dll. Karena dengan digital dapat lebih efisien dan lebih akurat dalam proses pengerjaannya dibandingkan dengan kinerja manusia yang memiliki rasa lelah. Hal ini lah yang sudah dipakai di seluruh Negara didunia baik Negara maju maupun Negara berkembang, di dunia ekonomi seluruh pembisnis sudah dapat melakukan transaksi online diman transaksi tersebut dimana transaksi tersebut lebih bermanfaat karena kita dapat melakukan dimana saja dan dalam keadaan apa saja. Kita dapat menggunakan laptop, telepom genggam atau apa saja yang terkoneksi dengan internet unutk melakukan transaksi online.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar